https://ferrari-wiki.com/ https://www.hillaryfarm.co.id/images/keth88/ https://ppdisnakertrans.riau.go.id/ http://103.153.229.43/ https://irontrianglebrewing.com/ http://38.9.137.147/ http://38.9.137.143/ http://multapipvtiti.com/bbfstoto/ https://umbima.ac.id/wp-content/-/ https://cg57811.tmweb.ru/halo/ https://dishub.riau.go.id/wp-content/-/ http://103.168.147.224/ https://slotqris.media9.co.id/content/ http://dim-et-ioann.ioa.sch.gr/content/ https://dishub.riau.go.id/wp-admin/content/ https://ace.dilmil-yogyakarta.go.id/content/ https://bappeda.langsakota.go.id/slot-terbaik/ https://mediasumbar.everettsonthego.com/
https://www.norcarestaurant.ca/wp-content/-/ http://strengthsensei.elegance.work/ https://institutomarlene.edu.co/wp-content/assets/
UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL MAKE A MATCH DI SMP MUHAMMADIYAH KEBUMEN | Wahyuningrum | OIKONOMIA - Jurnal Pendidikan Ekonomi

UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL MAKE A MATCH DI SMP MUHAMMADIYAH KEBUMEN

Rini Fitriani Wahyuningrum

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui pembelajaran kooperatif model make a match. Pembelajaran kooperatif model make a match ini diterapkan pada pokok bahasan kegiatan ekonomi masyarakat yaitu dalam kegiatan produksi dan distribusi barang dan jasa. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini, yaitu tentang penerapan pembelajaran menggunakan Kooperatif model make a match dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SMP Muhammadiyah Ayah Kabupaten Kebumen. Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK ini dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di SMP Muhammadiyah Ayah Kebumen Tahun pelajaran 2013/ 2014 pada siswa kelas VII.A yang berjumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan dua metode  yaitu metode observasi dan metode tes. Setelah data terkumpul, data dianalisis menggunakan rumus rerata dan persentase. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa peningkatan motivasi belajar siswa  menggunakan kooperatif model make a match pada siklus satu sebesar 72,72%, 76,51 dan meningkat pada siklus dua sebesar 90,90%, 83,18. Dengan indikator  pencapaian nilai rata-rata kelas pada tiap siklus sebesar 75. Nilai tersebut telah mencapai indikator yang diharapkan maka dari itu siklus dihentikan hanya sampai siklus dua saja. Ini berarti motivasi belajar siswa  mengalami peningkatan. Jadi model pembelajaran kooperatif model make a match ini dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dikelas VII.A SMP Muhammadiyah Ayah Kebumen. Tahun pelajaran 2013/2014 pada materi kegiatan produksi dan distribusi barang dan jasa.

Kata Kunci : Model pembelajaran make a match, Motivasi belajar siswa.


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Publisher: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail: pendidikanekonomi@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract: